January 1st, 2011 by STH

Berita Baik : Seorang Pasien HIV Sembuh Di Jerman

“Dari hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa keberhasilan mengobati infeksi HIV telah dicapai pada pasien ini,” tulis mereka dalam jurnal Blood.

HIV AIDS

HIV AIDS

LintasCafe - Sejumlah peneliti Jerman yang menggunakan transplantasi sumsum tulang untuk mengobati pasien kanker dengan virus AIDS, telah menyatakan pasiennya sembuh. Sebuah pernyataan yang amat menakjubkan di lapangan di mana kata “sembuh” untuk AIDS saat sekarang belum pernah terdengar, demikian seperti dilansir Reuters (16/12) lalu.

Pasien yang menderita infeksi HIV dan leukemia, telah menerima transplantasi sumsum tulang pada tahun 2007 dari donor yang memiliki mutasi genetik untuk memberikan pasien suatu kekebalan alami terhadap virus tersebut.

Hampir empat tahun setelah transplantasi, pasien bebas dari virus HIV dan tidak terdeteksi lagi, demikian dijelaskan Thomas Schneider dan rekannya dari Rumah Sakit Charite Berlin.

“Hasil penelitian bahwa kami berhasil menyembuhkan HIV pasien ini,” tulis mereka dalam jurnal Blood.

Para peneliti AIDS telah menolak skala pendekatan apapun untuk pasien dengan HIV. Transplantasi sumsum tulang merupakan alternatif pengobatan terakhir untuk penderita kanker seperti leukemia.

Transplansi ini merupakan sebuah proses penghancuran sumsum tulang pasien itu sendiri yang kemudian melakukan transplantasi dari donor yang memiliki golongan darah yang tepat dan tipe sistem kekebalan tubuh. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pemulihan yang dibutuhkan sementara menunggu proses transplantasi berhasil dan sesuai dengan sistem kekebalan tubuh pasien.

“Ini tidak praktis dan dapat membunuh orang,” kata Dr Robert Gallo dari Institute of Human Virology di Universitas Maryland, yang membantu menemukan human immunodeficiency virus yang menyebabkan AIDS.

“Ini mungkin adalah obat, yang pasti, Anda tidak akan tahu pasti sampai penderutanya meninggal dan mengalami ekstrim PCR (genetik) analisis post-mortem jaringan.”

Sejak tahun 1990-an ilmuwan telah mengetahui bahwa sebagian orang, sebagian besar warga Eropa Utara, memiliki mutasi dan diketahui jarang terinfeksi HIV.(LintasCafe.com)

“Mereka uninfectable (tidak terinfeksi) secara virtual,” ujar Gallo.

Beberapa peneliti yang melakukan penelitian terapi gen untuk mengobati atau mencoba untuk menyembuhkan HIV, tetapi teknologi ini memang masih dalam tahap percobaan.

“Saya tidak ingin membuat pengharapan pada hal yang menarik, tapi itulah, hal ini memang memberikan harapan,” ujar Gallo kemudian.

Tim Schneider yang telah merawat pasien ini, pengambilan sampel dari usus, hati, cairan tulang belakang, dan otak untuk mengembangkan penelitian untuk membuktikan kesembuhan ini. Mereka menguji semua sampel untuk bukti telah terbebas dari virus HIV, yang memang sulit untuk dideteksi kecuali virus aktif yang sudah menginfeksi sel.

Pasien ini tampaknya memiliki sistem kekebalan yang berfungsi baik, hasil penelitian menemukan yang muncul kemudian secara genetik identik dengan sel-sel dari donor dan bukan sel pasien sendiri yang sudah terinfeksi HIV.

Tim Schneider tidak lagi menemukan virus HIV di manapun.

“Dari hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa keberhasilan mengobati infeksi HIV telah dicapai pada pasien ini,” tulis mereka.

Seperti diketahui virus HIV AIDS menginfeksi 33 juta orang di seluruh dunia dan telah membunuh lebih dari 25 juta sejak pandemi dimulai pada 1980-an. Kombinasi obat yang kuat dapat menekan pertumbuhan virus, menjaga pasien sehat dan mengurangi kemungkinan penularan ke orang lain, tetapi belum ada vaksin.(STH)

Newer: Older:

Forum LintasCafe

Live information from Forum LintasCafe

'Kartu Sakti' Jokowi Pakai Anggaran 2014, Ini Rinciannya dari Mensos Wednesday, 26 November 2014, 12:25 pm

'Kartu Sakti' Jokowi Pakai Anggaran 2014, Ini Rinciannya dari Mensos[html]Anggaran 'Kartu Sakti' yang diluncurkan Presiden Joko Widod...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Batal ke Titik Kebakaran Hutan di Riau, Jokowi: Besok Pagi ke Sana Lagi Wednesday, 26 November 2014, 12:01 pm

Batal ke Titik Kebakaran Hutan di Riau, Jokowi: Besok Pagi ke Sana Lagi[html]Cuaca buruk menyebabkan Presiden Jokowi batal meninjau l...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Fadel: Campur Tangan Menko Polhukam Permainan Politik NasDem Wednesday, 26 November 2014, 11:41 am

Fadel: Campur Tangan Menko Polhukam Permainan Politik NasDem[html]"Sebagian besar teman-teman menilai ini politis karena Menko...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Raul Gonzales Kaget Temukan Orok saat Mancing di Sungai Wednesday, 26 November 2014, 11:26 am

Raul Gonzales Kaget Temukan Orok saat Mancing di Sungai[html]Raul Gonzales, seorang bocah 13 tahun warga Pandan Lamper...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Kisah Petugas Kebersihan dan Pedagang Asongan Usai Demo Buruh di DPRD Bubar Wednesday, 26 November 2014, 11:06 am

Kisah Petugas Kebersihan dan Pedagang Asongan Usai Demo Buruh di DPRD Bubar[html]Ratusan buruh yang berdemo di depan Ged...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |


comments powered by Disqus