January 1st, 2011 by STH

Berita Baik : Seorang Pasien HIV Sembuh Di Jerman

“Dari hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa keberhasilan mengobati infeksi HIV telah dicapai pada pasien ini,” tulis mereka dalam jurnal Blood.

HIV AIDS

HIV AIDS

LintasCafe - Sejumlah peneliti Jerman yang menggunakan transplantasi sumsum tulang untuk mengobati pasien kanker dengan virus AIDS, telah menyatakan pasiennya sembuh. Sebuah pernyataan yang amat menakjubkan di lapangan di mana kata “sembuh” untuk AIDS saat sekarang belum pernah terdengar, demikian seperti dilansir Reuters (16/12) lalu.

Pasien yang menderita infeksi HIV dan leukemia, telah menerima transplantasi sumsum tulang pada tahun 2007 dari donor yang memiliki mutasi genetik untuk memberikan pasien suatu kekebalan alami terhadap virus tersebut.

Hampir empat tahun setelah transplantasi, pasien bebas dari virus HIV dan tidak terdeteksi lagi, demikian dijelaskan Thomas Schneider dan rekannya dari Rumah Sakit Charite Berlin.

“Hasil penelitian bahwa kami berhasil menyembuhkan HIV pasien ini,” tulis mereka dalam jurnal Blood.

Para peneliti AIDS telah menolak skala pendekatan apapun untuk pasien dengan HIV. Transplantasi sumsum tulang merupakan alternatif pengobatan terakhir untuk penderita kanker seperti leukemia.

Transplansi ini merupakan sebuah proses penghancuran sumsum tulang pasien itu sendiri yang kemudian melakukan transplantasi dari donor yang memiliki golongan darah yang tepat dan tipe sistem kekebalan tubuh. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk pemulihan yang dibutuhkan sementara menunggu proses transplantasi berhasil dan sesuai dengan sistem kekebalan tubuh pasien.

“Ini tidak praktis dan dapat membunuh orang,” kata Dr Robert Gallo dari Institute of Human Virology di Universitas Maryland, yang membantu menemukan human immunodeficiency virus yang menyebabkan AIDS.

“Ini mungkin adalah obat, yang pasti, Anda tidak akan tahu pasti sampai penderutanya meninggal dan mengalami ekstrim PCR (genetik) analisis post-mortem jaringan.”

Sejak tahun 1990-an ilmuwan telah mengetahui bahwa sebagian orang, sebagian besar warga Eropa Utara, memiliki mutasi dan diketahui jarang terinfeksi HIV.(LintasCafe.com)

“Mereka uninfectable (tidak terinfeksi) secara virtual,” ujar Gallo.

Beberapa peneliti yang melakukan penelitian terapi gen untuk mengobati atau mencoba untuk menyembuhkan HIV, tetapi teknologi ini memang masih dalam tahap percobaan.

“Saya tidak ingin membuat pengharapan pada hal yang menarik, tapi itulah, hal ini memang memberikan harapan,” ujar Gallo kemudian.

Tim Schneider yang telah merawat pasien ini, pengambilan sampel dari usus, hati, cairan tulang belakang, dan otak untuk mengembangkan penelitian untuk membuktikan kesembuhan ini. Mereka menguji semua sampel untuk bukti telah terbebas dari virus HIV, yang memang sulit untuk dideteksi kecuali virus aktif yang sudah menginfeksi sel.

Pasien ini tampaknya memiliki sistem kekebalan yang berfungsi baik, hasil penelitian menemukan yang muncul kemudian secara genetik identik dengan sel-sel dari donor dan bukan sel pasien sendiri yang sudah terinfeksi HIV.

Tim Schneider tidak lagi menemukan virus HIV di manapun.

“Dari hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa keberhasilan mengobati infeksi HIV telah dicapai pada pasien ini,” tulis mereka.

Seperti diketahui virus HIV AIDS menginfeksi 33 juta orang di seluruh dunia dan telah membunuh lebih dari 25 juta sejak pandemi dimulai pada 1980-an. Kombinasi obat yang kuat dapat menekan pertumbuhan virus, menjaga pasien sehat dan mengurangi kemungkinan penularan ke orang lain, tetapi belum ada vaksin.(STH)

Newer: Older:

Forum LintasCafe

Live information from Forum LintasCafe

M Nasir Kerja Sama dengan Menko Kemaritiman Soal Riset Kelautan Friday, 31 October 2014, 8:15 pm

M Nasir Kerja Sama dengan Menko Kemaritiman Soal Riset Kelautan[html]"Pertemuan ini terkait masalah sumber daya manu...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Muktamar PPP Kubu SDA di Jakarta Mendadak Memanas! Friday, 31 October 2014, 7:58 pm

Muktamar PPP Kubu SDA di Jakarta Mendadak Memanas![html]'Kericuhan' itu bermula usai pandangan umum yang disampaikan oleh 9 ...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Di Muktamar Kubu SDA, Seluruh DPW Pilih Djan Faridz Sebagai Ketum PPP Friday, 31 October 2014, 7:39 pm

Di Muktamar Kubu SDA, Seluruh DPW Pilih Djan Faridz Sebagai Ketum PPP[html]"Mengajukan dan mendukung bapak H. Djan Faridz sebag...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Kecelakaan Beruntun di Tol Cikarang-Cawang, 5 Mobil Rusak Parah Friday, 31 October 2014, 7:12 pm

Kecelakaan Beruntun di Tol Cikarang-Cawang, 5 Mobil Rusak ParahKecelakaan beruntun dengan melibatkan 5 mobil terjadi di Tol Cikarang arah Cawang KM 28. Akibat kejadian ini bagian depan dari 5 mobil me. […]

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Menko Puan Pimpin Rakor untuk Luncurkan KIP dan KIS 3 November Friday, 31 October 2014, 6:28 pm

Menko Puan Pimpin Rakor untuk Luncurkan KIP dan KIS 3 November[html]"Fokus pada rakor ini, persiapan peluncuran p...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |


comments powered by Disqus