February 25th, 2012 by LintasCafe

Kelas Kader Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap juga ada di Bandung

Pelatihan bagi Kader, atau Kelas Kader, “Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap” di kota Bandung, akan berlangsung di Gedung PKK Provinsi Jawa Barat, pada 23-24 Februari 2012, dengan diikuti 200 kader

LintasCafe – Pelatihan bagi Kader, atau Kelas Kader, “Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap” di kota Bandung, akan berlangsung di Gedung PKK Provinsi Jawa Barat, pada 23-24 Februari 2012, dengan diikuti 200 kader.

Kelas Kader Posyandu Bandung

Kelas Kader Posyandu Bandung

Jumlah kader tersebut merupakan bagian dari target pelatihan tahun ini 8.000 kader di 56 kabupaten/kota dari 14 provinsi, yang bertujuan merevitalisasi dan meningkatkan kualitas “Posyandu Peduli TAT” serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, sesuai visi dan misi Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Pusat dan Nestlé Indonesia.

Gerakan Posyandu Peduli TAT 2012 diresmikan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Hj. Vita Gamawan Fauzi, dalam acara Gebyar Posyandu di Bekasi 24 Januari 2012 dan di Malang 13 Februari 2012 lalu, menyusul nota kesepahaman yang ditandatangani Tim Penggerak PKK Pusat dan PT. Nestlé Indonesia dalam Seminar Nasional “Batita Indonesia TAT” di Pontianak 30 Mei 2011.

Tercatat sekitar 200 kader dari 10 Kabupaten/Kota dan sekitarnya ikut dalam pelatihan ini. Mereka mendapatkan pelatihan dua hari dari Tim Penggerak PKK Pusat, ahli gizi Nestle Indonesia, dan Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan dari Institut Pertanian Bogor dengan berpedoman pada Modul Gerakan Posyandu Peduli TAT. Pelatihan juga diberikan kepada petugas kesehatan agar mereka mempunyai kesamaan pemahaman tentang pengembangan Posyandu Peduli TAT.

“Kami menyadari bahwa tugas kader Posyandu sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat penting. Maka dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan para peserta semakin memahami dan dapat mempraktikan metode dan teknik asih-asah-asuh dalam penyelenggaraan layanan Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap,” ujar Pritha, Category Marketing Manager Nestlé DANCOW Growing Up Milk.

Setelah pelatihan, para peserta diharapkan mampu membuat rencana kegiatan pengembangan Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap atau rencana aksi yang sesuai dengan situasi, kondisi serta kemampuan kader posyandu dan petugas kesehatan.

Rencana aksi tersebut akan dipantau oleh Tim Penggerak PKK provinsi dan Nestle DANCOW Batita. Masing-masing provinsi akan dipilih satu pemenang yang akan dilombakan di tingkat nasional dalam kontes kader Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap. Pemenang nasional akan mendapatkan uang pembinaan kader dan bedah Posyandu yang diumumkan pada acara Jambore Nasional pada bulan Oktober 2012.

“Kami merasa terhormat karena kota Bandung terpilih menjadi salah satu penyelenggara kelas kader Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap. Semoga dengan adanya pelatihan ini mampu membantu mengatasi masalah gizi di kota kembang ini, sehingga dapat tumbuh batita Indonesia yang cerdas dan sehat,” ujar Netty Prasetyani Heryawan, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat.

Dengan adanya rangkaian kegiatan Gerakan Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap diharapkan mampu meningkatkan kinerja para kader Posyandu dengan meningkatkan pengetahuan terhadap aspek tumbuh-kembang anak sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Kelas Kader Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap juga ada di Bandung

Kelas Kader Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap juga ada di Bandung

Newer: Older:

Forum LintasCafe

Live information from Forum LintasCafe

Raih Rezeki dari Pemudik, PKL Gelar Lapak di SPBU di Karawang Tuesday, 22 July 2014, 5:07 pm

Raih Rezeki dari Pemudik, PKL Gelar Lapak di SPBU di Karawang[html]Arus mudik tahun ini dimanfaatkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Kadisdik DKI Kaji Hibah KJP Jadi Beasiswa Sampai Sarjana Tuesday, 22 July 2014, 4:46 pm

Kadisdik DKI Kaji Hibah KJP Jadi Beasiswa Sampai Sarjana[html]Kepala Dinas Pendidikan DKI Lasro Marbun menyatakan pihaknya sedang mengkaji wacana untuk mengganti skema hibah KJP menjadi sistem beasisw. […]

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Ini Penjelasan Pemprov DKI Soal Ancaman Bom Terhadap Jokowi Tuesday, 22 July 2014, 4:27 pm

Ini Penjelasan Pemprov DKI Soal Ancaman Bom Terhadap JokowiAhok mengungkapkan ada ancaman bom yang ditujukan kepada Jokowi di Balai Kota. Teror tersebut dibenarkan oleh Kepala Biro Umum Pemprov DKI, A. […]

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Ahok: Pemprov DKI Akan Ubah KJP Jadi Program Beasiswa Tuesday, 22 July 2014, 4:06 pm

Ahok: Pemprov DKI Akan Ubah KJP Jadi Program Beasiswa[html]Pemprov DKI ingin mengubah sistem pemberian bantuan sosial Kartu J...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Jembatan Comal Masih Perbaikan, ini Rute Alternatif yang Dipilih Sopir Bus Tuesday, 22 July 2014, 3:45 pm

Jembatan Comal Masih Perbaikan, ini Rute Alternatif yang Dipilih Sopir Bus[html]Sopir bus pusing tujuh keliling kala Jembatan Conal,...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |


comments powered by Disqus