June 9th, 2012 by STH

Peraturan Resmi SPEED POOL Billiar 10 Bola

Setiap pukulan yang meleset atau gagal akan ada hukuman yaitu akan ditambahkanya 10 detik pada waktu bermainnya. Dan pemain yang bisa menghabiskan waktu tercepat maka dialah juaranya. Musik menjadi latar belakang selama pertandingan ini.

Berikut adalah Peraturan Dasar SPEED POOL

Peraturan Resmi SPEED POOL Billiar 10 Bola

Speed Pool Foot Spot

Speed Pool Foot Spot

LintasCafe - Speed pool yang merupakan kategori Cue Sport (cuesport) atau billiar dan biasa dikenal dengan julukan ‘bola sodok’ di Indonesia yang sudah dikenal sejak abad 15. Cuesport awalnya merupakan permainan outdoor dan menjadi popular di tahun 1956. Cue sport dan memiliki terbagi atas beberapa permainan, yaitu:

carom yaitu permainan bola sodok diatas meja tanpa kantung
pool yaitu permainan bola sodok diatas meja berkantung 6,
snooker yaitu permainan bola sodok diatas meja berkantung 6 dengan ukuran spesifik (lebih kecil daripada meja pool standard.

Cue sport sendiri akhirnya diterima sebagai salah satu cabang olah raga ditahun 1893. Semenjak itu cuesport berkembang secara pesat baik sebagai permainan santai maupun sebagai kompetisi olahraga resmi. Ada berbagai jenis permainan yang dimainkan di meja billiar untuk two players ataupun team players, namun yang menjadi favorit kebanyakan penggemar billiar adalah permainan berbasis 8-ball, 9-ball, straight ball dan bank pool.

Hingga tahun 1990-an dimana kecepatan menjadi trend (masa dimana istilah speed chess dan break dance berkembang) lahirlah permainan
speed pool dan pada tahun 2006 speed pool diakui sebagai salah satu cabang olahraga di bawah cuesport dan mulai diselenggarakan kompetisi internasional khusus speed pool seperti ‘International Speed Pool Challenge’ di Amerika Serikat.

Speed Pool merupakan permainan billiar yang dimodifikasi menjadi permainan soliter yang mengandalkan kecepatan. Seperti namanya, dalam Speed Pool, pemain harus memasukkan bola ke dalam kantong dalam waktu secepat-cepatnya. Permainan ini biasa dikompetisikan dengan hitungan waktu stopwatch. Speed Pool format biasanya berbasis 8-ball dan 9-ball namun Guinness World Series of Pool Speed Pool Tournament 2012 menawarkan tantangan baru dengan mengangkat Speed pool berbasis 10-ball. 10-ball juga basis permainan Guinness World Series of Pool pada tahun 2010 dan 2011 yang lalu.

Dengan perkembangan yang luar biasa dalam Speed Pool, lahirlah atlet-atlet billiar ternama dunia seperti Dave Pearson “Ginger Wizards” dengan rekor kecepatan 26.5 detik dan telah menyandang beberapa rekor speed pool dalam Guinness Book of World Record, Luc Salvas ”Machine Gun” yang berhasil meraih waktu tercepat 54 detik, Bobby McGrath “The Kid” dan Jeanette Lee “The Black Widow” sebagai salah satu atlet billiar wanita tercepat di dunia dengan rekor 33,91 detik yang juga merupakan Guinness World Series of Pool Ambassador 2012.

Speed Pool merupakan pengembangan dari bilyar; ada beberapa turnamen yang berpengaruh seperti International Speed Pool Challenge yang diadakan di United States semenjak 2006. Juara pertama pada event ini adalah Luc Salvas (Machine Gun), seorang pemain bilyar professional asal kanada, menangkan US$ 50,000 winner-take-all purse pada tahun 2006.

Kompetisi speed pool The Guinness World Series of Pool dimainkan dengan 10 bola yang mulai dari bola angka 1 sampai bola angka 10 dan stik bilyar dan permainan ini melawan waktu. Pebilyar harus memasukan semua bola dari bola angka 1 sampai angka 9 secara berurutan lalu memasukan bola angka 10.

Setiap pukulan yang meleset atau gagal akan ada hukuman yaitu akan ditambahkanya 10 detik pada waktu bermainnya. Dan pemain yang bisa menghabiskan waktu tercepat maka dialah juaranya. Musik menjadi latar belakang selama pertandingan ini.

Peraturan Dasar SPEED POOL

1. Menentukan Break
Pemain yang memenangkan lag, akan melakukan break pertama.
2. Rack bola-10
Semua bola sasaran disusun berbentuk segitiga, dengan bola 1 diletakan di paling atas dan diletakkan di titik spot, serta bola 10 berada ditengah-tengah, sedangkan bola lainnya diletakkan di dalam segitiga tanpa ditentukan urutannya.
3. Break Shot
Berikut peraturan untuk melakukan Break (LintasCafe):
(a) Cue-ball ditangan dan diletakkan dibelakang head string; dan
(b) Tidak perlu melakukan call, dan cue-ball tidak harus mengenai bola tertentu terlebih dahulu;
(c) Setelah break, pemain terus bermain sampai kesepuluh bola yang ada berhasil dimasukkan. Setiap miss dan foul akan diberi hukuman 10 detik.
(d) Bila bola-10 masuk saat break, pemain harus meletakkannya dititik spot dan meneruskan permainan. Timer (pencatat) waktu tetap berjalandan pemain tidak mendapatkan hukuman 10-detik.
(e) Bila bola-10 masuk saat break, dan cue-ball scratch (lihat definisi peraturan 8.6. Scratch) atau foul pada saat melakukan break, pemain harus meletakkan kembali bola-10 dititik spot dan meneruskan permainan. Timer (pencatat) waktu tetap berjalan dan pemain mendapatkan hukuman 10-detik.
(f) Bila cue-ball keluar meja saat melakukan break, pemain dinyatakan sebagai foul, dan permainan dilanjutkan dengan cue-ball ditangan serta dikenakan hukuman 10 detik.
(g) Apabila bola sasaran keluar dari meja, maka hal ini dinyatakan sebagai foul, bola tersebut tidak dikembalikan kemeja (dimasukkan ke kantung), kecuali bola-10 harus diletakkan kembali ke foot spot; dan pemain dikenakan hukuman 10-detik.
(h) Apabila pemain melakukan foul diluar dari yang sudah dituliskan diatas, pemain melanjutkan permainan dan diberikan hukuman 10-detik.
4. Pencatatan Waktu
Disetiap rack, timer memulai pencatatan waktu setelah wasit memberikan aba-aba “Ready, 3, 2, 1, Start”, kemudian pemain melakukan break. Timer menghentikan pencatatan setelah bola-10 masuk dengan benar. Pencatatan waktu mengarah kedetik terdekat. Timer tidak dihentikan saat terjadi foul.
5. Meneruskan Permainan
Pemain tetap berada dimeja permainan sampai seluruh bola masuk dengan bola-10 sebagai bola terakhir yang dimasukkan. Pemain dapat melanjutkan permainan segera setelah cue- ball berhenti, walaupun bola sasaran masih ada yang bergerak.
6. Hukuman 10-detik
Disetiap rack pemain akan mendapatkan hukuman 10 detik setiap kali melakukan miss atau foul.
7. Meletakkan Bola di titik Spot
(a) Apabila bola-10 keluar dari meja atau masuk saat melakukan break, atau sebelum semua bola lainnya masuk, maka bola tersebut harus diletakkan kembali ke foot spot oleh pemain itu sendiri.
(b) Bila bola sasaran (kecuali bola-10) keluar dari meja, maka bola tersebut dimasukkan kedalam kantung. Tidak ada bola yang diletakkan di titik spot (kecuali bola-10) Semua kondisi diatas dinyatakan sebagai foul, dan pemain dikenakan hukuman 10 detik.
8. Foul Berkenaan dengan Bola-10
(a) Melakukan Foul ketika memasukkan bola-10;
(b) Memasukkan bola-10 sebelum keseluruhan bola lainnya dimasukkan (kecuali Golden Break);
(c) Membuat bola-10 keluar dari meja; Semua kondisi diatas dinyatakan sebagai foul, dan pemain dikenakan hukuman 10 detik dan bola-10
diletakkan kembali di titik spot.
9. Standar Foul
Apabila seorang pemain dinyatakan melakukan foul, maka pemain tersebut dikenakan hukuman 10 detik. Kemudian Cue-ball ditangan, dan dapat diletakkan dimanapun dalam area permainan serta melanjutkan permainan. (Lihat peraturan 1.5. Cue-Ball ditangan)
Berikut adalah yang termasuk kedalam standar foul pada Guinness World Series of Pool Speed Pool :
9.1 Cue-Ball scratch atau keluar dari meja;
9.3 Tidak ada bola yang mengenai rail setelah terjadi kontak;
9.4 Kaki tidak menyentuh lantai saat memukul;
9.5 Bola keluar dari meja (Lihat 7. Meletakkan bola dititik Spot);
9.6 Menyentuh bola;
9.7 Pukulan ganda / Bola menempel;
9.8 Push out; 9.10 Salah meletakkan Cue-Ball;
9.11 Salah sewaktu melakukan pukulan dari belakang Head String;
9.12 Meletakkan Cue-Stick di atas meja;
9.13 Bermain bukan digilirannya;
10. Serius Foul (Pelanggaran Berat)
Pelanggaran 6.16 Bersikap tidak Sportif, wasit dapat memberikan hukuman berdasarkan tingkatan pelanggaran yang terjadi.
11. Buntu (Tidak Berkesudahan)
Apabila terjadi permainan yang tidak berkesudahan (Buntu) maka pemain yang melakukan break dapat mengulang break kembali.
12. Tie-Break
Apabila terjadi tie-break, maka kedua pemain harus memainkan 1 rack tambahan untuk menentukan pemenang, Apabila masih sama maka dimainkan kembali 1 rack tambahan lagi sampai didapatkan pemenang. Pemain harus melakukan lag (Undian) untuk menentukan giliran bermain.
13. Musik Latar
Apabila musik dimainkan didalam venue pertandinga, maka pemain harus menerima hal ini dan terus bermain serta tidak boleh melakukan protes terhadap kondisi ini.
14. Gangguan Tidak Terduga atau Tidak Terkontrol
Apabila terjadi gangguan tidak terduga atau tidak terkontrol saat pertandingan, para pemain terus bermain seperti biasa dan menerima kondisi ini serta tidak dapat melakukan protes karenanya.

Newer: Older:

Forum LintasCafe

Live information from Forum LintasCafe

Dua Warga Terkena Anak Panah dalam Tawuran Antar Kelompok di Makassar Saturday, 20 September 2014, 5:28 pm

Dua Warga Terkena Anak Panah dalam Tawuran Antar Kelompok di Makassar[html]Dua kelompok warga di jalan Abubakar Lambogo dan warga di jalan Jalahong Daeng Matutu, Makassar, terlibat bentrok dengan meng. […]

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Ical Bicara Soal Maritim Seperti Visi Misi Jokowi-JK Saturday, 20 September 2014, 5:08 pm

Ical Bicara Soal Maritim Seperti Visi Misi Jokowi-JK[html]Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie (Ical) memberikan pembekalan kepa...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Ical: Kalau Ada Parpol Lain Mau Masuk KMP, Silakan Saturday, 20 September 2014, 4:38 pm

Ical: Kalau Ada Parpol Lain Mau Masuk KMP, Silakan[html]Jokowi menyatakan pihaknya membuka diri bila PAN dan PPP ingin bergabung dalam k...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Puan Maharani Menangis 'Deklarasikan' PDIP Partai Pemerintah Saturday, 20 September 2014, 4:08 pm

Puan Maharani Menangis 'Deklarasikan' PDIP Partai Pemerintah[html]Ketua DPP PDIP Puan Maharani menitikkan air mata saat memba...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |

Ucapkan Selamat ke Prabowo yang Jadi Ketum Gerindra, PDIP Ajak Kerjasama Saturday, 20 September 2014, 3:46 pm

Ucapkan Selamat ke Prabowo yang Jadi Ketum Gerindra, PDIP Ajak Kerjasama[html]PDIP megucapkan selamat atas terpilihnya Prab...

Source: Forum LintasCafe Forum LintasCafe |


comments powered by Disqus